Chat Support
Andri
Hugi
Anton
Office
PT CAHYO GRIYA INTI SANTOSO
Jl. Wijaya Kusuma No. 116
(belakang TVRI) Yogyakarta
Telp / Fax : (0274) 586820 INFO / Sales : Andri 081.7412.0990 (CALL / WA) HUGI (0274) 7847.989
PROMO
Kalkulator KPR

Pembiayaan Pembelian Rumah dengan FLPP

Di tahun 2011 ini REI yang selalu bekerjasama dengan KEMENPERA (Kementerian Perumahan Rakyat) akan meluncurkan program baru untuk memberi kemudahan bagi masyarakat MBM dan MBR dalam memiliki rumah. “ Tahun 2011 dari Menpera memberikan program baru berupa FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), ini merupakan bentuk subsidi pembiayaan perumahan dari yang lama menjadi yang baru, kalau yang dulu subsidi bunga yang rendah hanya sampai dengan 4 atau 5 tahun saja, tetapi yang sekarang dengan FLPP pemerintah memberikan subsidi dalam bentuk biaya dana atau cost of fund semacam penyertaan modal sehingga masyarakat yang berpenghasilan rendah mendapat subsidi bunga ringan selama jangka waktu KPR”, jelas Ketua DPD REI Jogjakarta, Remigius Edy Waluyo. Lebih lanjut Remigius menambahkan program baru ini masyarakat akan mendapatkan keuntungan jika subsidi pada program yang dulu hanya mencapai 4 atau 5 tahun kini masyarakat memperoleh pola subsidi bunga rendah selama 15 tahun (fix 15 tahun) selama jangka waktu KPR.
Semakin minimnya lahan untuk membangun rumah maka pemerintahan menganjurkan untuk membangun rumah susun milik atau yang lebih dikenal rusunami. Dengan adanya rusunami merupakan solusi terbaik guna menyiasati keterbatasan lahan, mahalnya harga tanah, dan mengurangi kemacetan. Keunggulan lain dari pola baru ini dapat digunakan untuk kredit pemilikan rumah (rumah sejahtera) dan kredit pemilikan apartemen bersubsidi (rusunami).
Pola baru yang diterapkan Menpera ini dirancang memang untuk memberikan jalan keluar bagi konsumen maupun pengembang yang menyasar perumahan yang berbasis rumah sejahtera. “ Jika pada pola lama harga rumah dibatasi maksimal 55 juta baru boleh menggunakan fasilitas bunga subsidi, harga maksimal yang hanya 55 juta menjadi kendala tersendiri bagi para pengembang, namun dengan program baru ini, FLPP harga yang di patok bebas tetapi ada batasan maksimal kredit yang mencapai 80 juta,jadi misal Anda mau membeli rumah harga 125 juta uang muka 45 juta kreditnya 80 jt itu boleh menggunakan fasilitas ini,” papar Remi.
Dengan pemberian subsidi bunga rendah oleh pemerintah diharapkan dapat mengurangi kebutuhan akan tempat tinggal. Suku bunga yang di peroleh pun berbeda beda berdasar besaran kreditnya. Suku bunga bagi yang mengajukan untuk KPR sejahtera tapak bergerak pada kisaran 8,15% — 8.50%, sedangkan untuk kredit pemilikan apartemen, rusunami bergerak pada kisaran 9,25% — 9.95 %, tergantung pada besaran kredit yang diajukan.
Untuk memperoleh subsidi bunga dari Menpera ini ada beberapa syarat dan dokumen yang harus dilengkapi oleh pemohon. Berikut beberapa syarat bagi pemohon yang ingin mendapatkan program FLPP,
• Belum pernah memiliki rumah atau hunian
• Belum pernah menerima subsidi perumahan
• Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, bila penghasilan calon debitur lebih besar dari PTKP ( Pajak Penghasilan Tidak Kena Pajak).
• Bagi yang yang baru memiliki NPWP dan belum mempunyai kewajiban pelaporan SPT Tahunan, tidak diwajibkan menyerahkan SPT Tahunan Orang Pribadi.
Serta melengkapi dokumen-dokumen kelengkapan untuk mengajukan subsidi bunga rendah ini, seperti ;
1. Fotocopy KTP pemohon (beserta pasangan jika sudah menikah)
2. Fotocopy kartu keluarga (KK) dan surat nikah
3. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari instansi tempat bekerja atau Kelurahan
4. SK atau surat keterangan bekerja dari instansi tempat kerja
5. Surat pernyataan belum memiliki rumah, yang ditandatangani di atas materai (secukupnya) dan disahkan oleh kelurahan atau instansi tempat bekerja (form sesuai ketentuan bank)
6. Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai(secukupnya) yang mencakup :
a. Batasan nilai KPR tidak melebihi ketentuan
b. Menggunakan sendiri rumah sejahtera sebagai tempat tinggal
c. Tidak akan memindahtangankan RSH sebelum 5 tahun
d. Belum pernah menerima subsidi perumahan
e. Bahwa fotocopy No NPWP adalah sesuai aslinya dan fotocopy SPT Tahunan PPH Orang Pribadi adalah sama dengan yang dikirim ke kantor pajak (form sesuai ketentuan bank)
(Dokumen kelengkapan lainya yang tidak disebutkan di atas, mengacu pada kelengkapan dokumen persyaratan KPR yang berlaku)
Pasar Properti Jogja 2011
Pasar properti 2011bisa jadi awal mula boomingnya bisnis properti ke depannya. Banyak ahli yang memperkirakan bahwa bisnis propeti akan mengalami kenaikan bukanlah tanpa alasan. “ Tahun 2011 nanti saya yakin prospek perumahan di Jogja optimis akan tetap mengalami kenaikan,” ungkap Remi. Keyakinan ini bukanlah tanpa alasan pertumbuhan ekonomi di jogja yang mulai baik, sektor riil yang bergerak baik, dan suku bunga yang bergerak di single digit merupakan faktor-faktor pendukung optimisme DPD REI Jogja. Perkembangan sektor eksternal yang mulai mengarah ke titik baik, maka Remi sebagai Ketua DPD REI Jogja berpesan supaya para pengembang yang terdaftar di dalam REI supaya bekerja secara lebih profesional, bekerja sesuai koridor yang ada, jangan melanggar rambu-rambu dari pemerintah. Dengan bekerja sesuai rambu-rambu pemerintah maka konsumen maupun pengembang tidak akan merasa dirugikan. Setelah pengembang bekerja sesuai dengan koridor tinggal konsumen yang lebih kritis tentang produk yang akan dibelinya. Menurut kutua DPD REI Jogja ini, saat akan membeli rumah konsumen harus kritis dari segi legalitas (aspek perijinan, IPT,Siteplan,dan IMB) dan dokumen yang berkaitan dengan sertifikat. Karena berkaitan dengan investasi, maka konsumen harus memperhitungkan nilai strategis suatu lokasi, kualitas bangunan yang memenuhi syarat bangunan tahan gempa, jika membeli bangunan bertingkat minta analisa strukturnya, dan yang terakhir beliau menambahkan supaya membeli pada developer yang sudah berbadan hukum PT (Perseroan Terbatas). Lebih lanjut Remigius menambahkan “ Sebelum membeli kita harus cermat sebelum membeli dan jangan terjebak pada harga yang asal murah”.

Share

One Response to “Pembiayaan Pembelian Rumah dengan FLPP”

  • lili kurniati:

    ass.wr.wb. sy ingin mencari info ttg daftar nama developer yg bekerjasama dg KeMenPeRa u/ program FLPP, terutama developer yg baik kantor pemasarannya maupun perumahannya berlokasi di JaBoDeTaBek. Mhn jika memungkinkan sy dikirimi beberapa brosur perumahan RSS/ perumahan yg termasuk dlm program FLPP.

Leave a Reply

CommentLuv badge